Translate

Tips Ampuh iklan media sosial

 

 Sebagai platform terpopuler, media sosial tidak hanya sekedar untuk bersosialisasi. Seperti yang Anda ketahui, di zaman sekarang ini banyak sekali brand yang memasang iklan di media sosial untuk mempromosikan produknya.


Sprout Social
menjelaskan saluran online mengalami pertumbuhan yang signifikan. Tim peneliti agensi digital tersebut memperkirakan bahwa anggaran iklan di media sosial akan tumbuh menjadi $268 miliar pada tahun 2023. Jika StickFriends tidak berhati-hati saat membuat iklan digital, Anda bisa kalah dari pesaing Anda. Beruntungnya Anda membaca artikel ini karena StickEarn berbagi tips cara membuat promosi iklan paling akurat di media sosial

Namun, sebelum membahas cara memasang iklan di platform periklanan online, kami ingin menjelaskan terlebih dahulu kepada Anda urgensi kampanye iklan media. Mengetahui hal ini, Anda akan merasa lebih percaya diri beriklan di media sosial. Keyakinan ini nantinya akan membuat Anda lebih memperhatikan agar Anda bisa berusaha sekuat tenaga untuk menayangkan iklan Anda. Sebuah studi oleh HubSpot menunjukkan bahwa media sosial adalah tempat paling efektif untuk beriklan. Dengan menawarkan berbagai jenis aplikasi, Anda dapat menggunakannya untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Selain sebagai media pemasaran, media sosial juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness bisnismu, StickFriends.

Jika Anda aktif membagikan konten terkait produk atau pendidikan Anda, audiens dapat mengenal Anda lebih baik. Faktanya, banyak orang yang pertama kali mengenal suatu merek melalui saluran ini. Dan jangkauan media sosial juga sangat luas. Anda tidak hanya bisa terhubung dengan negara tertentu saja, namun Anda juga bisa dengan mudah menjangkau audiens di luar Indonesia. Karena sangat bermanfaat dalam menunjang kemajuan bisnis Anda, Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya mengapa harus beriklan di media sosial. Manfaat beriklan di media sosial banyak dan menguntungkan bagi Anda! Sekarang, Anda hanya perlu menyusun strategi periklanan media sosial yang tepat. Dengan memahami teknik periklanan dan pemasaran media ini, Anda dapat meningkatkan hasil penjualan yang selama ini Anda harapkan.

strategi periklanan media sosial

Tidak perlu ragu saat menyusun strategi pemasaran di media sosial. Anda bisa melakukannya dengan mengikuti cara yang kami bagikan di sini. Faktanya, Anda bisa mempelajari banyak teknik periklanan media sosial online di Google. Namun kami akan membagikan panduan media periklanan paling efektif yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya. Secara keseluruhan, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan pemasaran media sosial secara online, antara lain sebagai berikut.


1. Ketahui bisnis Anda
Anda harus memahami model bisnis perusahaan yang Anda kembangkan. Anda harus memahami jenis bisnis yang Anda jalani; apakah bisnis tersebut merupakan operasi B2B atau B2C. Pasalnya, dengan memahami dasar-dasar tersebut, Anda dapat menentukan di mana posisi bisnis Anda di pasar, khususnya di media sosial. Jika Anda tidak mengetahuinya, Anda akan kesulitan mempromosikan bisnis Anda dengan baik.

2. Tentukan persona dan audiens
Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi persona pembeli dan audiens. Anda harus bisa memahami siapa audiens Anda dan bagaimana caranya. Sangat membantu untuk mengetahui siapa mereka, apa yang mereka sukai, dll. Sebab, dari sana kamu bisa menentukan arah dan membidik secara akurat dan efisien. Misalnya, sebuah perusahaan di industri pakaian jadi yang menjual pakaian olahraga. Oleh karena itu, audiens Anda harus berusia 18-35 tahun. Persona pembelinya adalah penggemar olahraga yang sangat memperhatikan penampilan dan kesehatannya.


3. Pilih Platform yang Tepat
Di saat Anda sudah tahu model bisnis dan audiens, Anda pun akan lebih mudah menentukan platform media sosial yang tepat untuk promosi. Anda bisa melihat kecenderungan dari target market dalam bermedia sosial. Katakanlah Anda sudah tahu bahwa audiens Anda berusia 18-34 tahun, maka platform yang paling memungkinkan untuk digunakan adalah Instagram dan Facebook. Hal itu karena 38% data demografi Facebook dan Instagram di Indonesia didominasi oleh pengguna berusia 18-34 tahun tersebut. Jadi, sangat tepat untuk "bermain" di sana.
4. Analisis Kompetitor Anda
Tips iklan di media sosial selanjutnya ialah amati pergerakan kompetitor. Melalui langkah ini, Anda akan mengetahui aktivitas kampanye, konten, dan progres kompetitor. Dari sana pula, Anda bisa membuat strategi yang hampir mirip guna mengimbangi kompetitor atau yang lebih baik agar bisa mengalahkan mereka. Selain itu, Anda dapat menjadikan kompetitor sebagai tolok ukur keberhasilan iklan yang Anda buat.

5. Tentukan Objektif
Lalu, setelah itu buatlah KPI (key performance indicator) atau objektif iklan yang ingin disasar. Ada beberapa objektif iklan yang bisa Anda targetkan ketika membuat iklan di media sosial, di antaranya awareness, CPM, dan CPC.

Sebagai catatan, dalam menargetkan objektif iklan sedapat mungkin lakukan dengan bijak. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal yang akan mempengaruhi keberhasilan iklan.

Dengan begitu, Anda pun bisa memanajemen anggaran, man power, dan bahkan ekspektasi terhadap iklan yang akan dibuat.

6. Tentukan Anggaran
Tak jauh berbeda dengan iklan luar ruangan, saat Anda ingin beriklan secara online, Anda pun perlu mengatur anggaran iklan tersebut, StickFriends.

Anggaran iklan dapat Anda tentukan dari objektif yang sudah dibuat. Bila Anda menargetkan CPM, maka Anda akan membayar per 1.000 kali klik.

Bila menargetkan awarensess, maka Anda bisa membuat iklan terkait produk dan setelahnya melakukan riset pasar guna mengidentifikasi apakah kampanye yang dibuat sudah diketahui orang atau belum.

Namun, jika target promosi Anda hanya sebatas organik post, maka Anda hanya perlu berinvestasi pada man power yang ahli di bidang content atau social media saja.

Dengan begitu, akun media sosial yang Anda optimasi untuk bisnis bisa tumbuh secara efektif dan terarah.

7. Buatlah Konten Iklan
Langkah terakhir yang harus Anda lakukan ialah membuat konten iklan yang telah ditentukan. Anda bisa membagi kategorisasi iklan berdasarkan empat pilar konten secara umum, di antaranya product knowledge, promosi produk, edukasional, atau tips and trick.
jika ada terlalu sibuk, kami mempunyai jasa layanan membuat konten yaitu https://faztcreative.com/. Telepon dan wujudkan impian anda . terima beres.




2 comments:
Write komentar

Followers

Facebook