Translate

Diet atau Kegemukan

 

Jenis Kegemukan

Jenis kegemukan  dapat dilihat dari penimbunan lemak di daerah tertentu dari tubuh kita. Banyaknya penimbunan lemak diukur dari lingkar dada, lingkar lengan, lingkar paha, selain juga dengan mengukur berat badan dan tinggi badan seseorang.
1. Kegemukan Eksogen
kegemukan jenis ini biasanya disebabkan oleh faktor diluar tubuh, misalnya makanan yang berlebihan. Dengan demikian kebutuhan akan kalori jauh dari kebutuhan tubuh sehingga terjadi penumpukan lemak dibagian tubuh tertentu.
2. Kegemukan Endogen
dalam hal ini kegemukan endogen bukan berarti memakan makanan yang berlebihan, tetapi juga adanya faktor lain di dalam tubuh sendiri yang berperan menambah kegemukan seseorang. Faktor itu seperti Faktor Hormonal, Faktor Genetik/Keturunan dsb.

Diet Mengatasi Kegemukan

Salah satu cara yang paling baik untuk mengatasi kegemukan adalah dengan pengaturan diet. Pengaturan diet tidak bisa sebarangan, sehingga bukan saja yang menyerang badan kita menjadi kurus kering, tetapi juga kesehatan akan terganggu.
Hal hal yang harus diperhatikan dalam diet, yaitu:
1. Zat gizi yang kita makan harus memenuhi kebutuhan kita sehari hari. Yang dikurangi adalah jumlah kalori yang masuk yang umumnya berasal dari makanan yang banyak mengandung Karbohidrat dan Lemak.
2. Walaupun kita melakukan diet, seharausnya makanan yang dihidankan memenuhi selera dan kebiasaaan makanan sehari hari
3. Jangan sekali-kali kita melakukan diet sedemikian ketatnya, sehingga kita menjadi terlalu lapar atau menjadi terlalu letih dan lelah
4. Bagaimanapun diet yang harus dijalankan, seharusnyalah  bahan yang dipakai merupakan bahan yang mudah di dapatkan dimana-mana
5. Tujuan melaksanakan diet bukan berati mengurangi berat badan, tetapi memperbaiki kesehatan secara keseluruhan. Dengan diet yang kita lakukan jangan sampai timbul penyakit seperti maag, penyakit kurang darah, tekanan darah menjadi rendah, dsb.

Jadi yang jelas, diet itu perlu aturannya .. Jadi jangan salah buat ya.. Resiko tanggung sendiri...!!! :)

No comments:
Write komentar

Followers

Facebook