Translate

Tips cara mengunakan soflens yang baik dan benar | lensa kontak

 


Mendengar kata soflens pasti di dalam pikiran kita pasti cerita tentang indra mata. Dulu, soflens digunakan untuk bagian kesehatan saja. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, Sonflens menjadi life style atau gaya hidup.
Pemakaian soflens dapat berakibat buruk atau baik sesuai dengan kehendak kita. Untuk itu, ikuti petunjuk dokter saat kita menggunakannya.

Secara umum, dapat negatif memakai soflens adalah sebagai berikut.

1.      Iritasi dan mata merah
Disebabkan oleh debu serta karena kita memakai kurang benar dan terlalu lama. Yang paling utama adalah saat anda memakai soflens, dimana tangan anda harus steril. Diharapkan juga memakai tetes mata khusus soflens, agar mata dan soflens dapat digunakan secara maksimal dan dapat memperkecil kemungkinan terjadinya iritasi.

2.      Terlalu longar atau terlalu ketat
Soflens dapat menjadi longgar atau kentat sehingga menepel ke mata yang disebut hypoxia yang disebabkan kadar air yang salah kita membeli soflens. Untuk itu, pilihlah soflens dengan kadar air lebih sedikit, bila mata memiliki kandungan air yang banyak atau sebaliknya.

3.      Soflens koyak dalam mata
Soflens dapat koyak dalam mata yang biasanya terjadi ketika anda memakai soflens disaat anda tidur. Disaat anda tidur, soflens dapat bergerak sesana kemari dan dapat beresiko pecah di dalam mata, serta soflens dapat mongering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup.
Ketika kita mencabut soflens dari mata dalam keadaan kering, maka kemungkinan soflens akan koyak. Maka, disarankan anda harus menggunakan tetes mata saat melepaskan soflens di mata anda.
Dari referensi teman-teman dan dokter mata saya, saya akan membagikan tips serta cara menggunakan soflens dengan benar karena saya pun memakainya.. ^^

Berikut cara menggunakan soflens dengan benar :
1.      Carilah informasi dengan benar dan tepat, jangan bergantung pada satu optik kacamata ataupun dokter sekalipun. Carilah informasi dan tanyakan kepada dokter mata apakah mata anda dapat menggunakan soflens atau tidak?. Tanyakan juga berapa lama anda menggunakannya juga dan masa aktif soflens tersebut.

2.      Bersihkan soflens mata anda secara rutin. Bersihkan dengan mengusap soflens anda menggunakan cairan pembersih soflens dengan jari anda  dan jangan lupa di bilas serta disimpan di wadah yang steril dan jauh dari sinar matahari (ditempat yang lembab sedikit/dingin).

3.      Jika anda menyentuh soflens, cucilah tangan anda terlebih dahulu. Selalu lepas soflens anda disaat anda  mau tidur.

4.      Gantilah wadah anda setiap 3 bulan sekali. Gunakan cairan pembersih yang baru, agar tidak mengandung bakteri walaupun terlihat masih baru karena telah anda gunakan sebelumnya.

5.      Patuhilah jadwal memakainya soflens sesuai anjuran dokter mata anda.

Jadilah bijak dalam menggunakan soflens. Jangan main-main dalam menggunakannya walaupun lagi tren untuk zaman sekarang ini.

Pikirkanlah itu.. (^^_^^)

referensi : buku, teman, dan buku petunjuk menggunakan lensa kontak

No comments:
Write komentar

Followers

Facebook

Blog Archive