Translate

tips dalam bekerja di Perusahaan pada hari pertama

 


1. Cara Berpakaian
hai anak baru kerja di suatu perusahaan….. J
Cara berpakaian itu penting dalam kesan pertama.  Jangan berharap anda akan dikenal orang dengan baik bila berpakaian tidak karuan. Berpakaian yang baik dan sopan, menggunakan baju putih dengan celana hitam, memakai make up yang tidak berlebihan, serta jangan memakai aksesori yang berlebihan.
Bila memakai hal hal yang tidak baik,  maka anda akan menjadi bahan omongan yang miring di tempat kerja anda.



2. Budaya Kantor
 Pelajarilah budaya tempat kerja baru Anda. Ada yang santai, formal, atau kombinasi antara keduanya. Ada yang Anda bisa dengan santai menghampiri meja bos untuk berdiskusi, ada juga yang bahkan Anda tak akan punya kesempatan untuk berbicara dengan bos besar Anda. Anda tak mungkin mengingat banyak hal dalam waktu yang singkat.
Gunakan catatan singkat anda..‼!


3. Kepribadian yang Positif 
Dalam proses bekerja, suatu saat Anda pasti membutuhkan bantuan rekan kerja. Jangan bangun dinding yang tinggi pada hari pertama kerja. Sapa rekan kerja yang Anda temui dengan senyum atau hai.
Terlalu 'sok akrab' malah akan membuat Anda dijauhi di tempat kerja. Biarkan hubungan Anda tumbuh secara alami lewat proses interaksi sehari-hari. Pada masa-masa awal kerja, jika ada ajakan untuk hang-out selepas kerja, usahakan untuk ikut serta. Lewat kesempatan yang lebih santai tersebut Anda bisa mengenal rekan kerja lebih jauh dan mengakrabkan diri. Usahakan untuk seimbang dalam mendekati berbagai jenis rekan kerja.
Jangan terlalu Agresif…‼!.


4. Mengingat Nama & Posisi 
Ini merupakan hal yang penting untuk membangun kesan pertama. Usahakan untuk mengingat nama teman sekerja Anda, minimal yang satu bagian atau divisi. Anda juga bisa membuat semacam peta nama agar mudah mengingat. Gambar secara umum posisi duduk dan tulis nama teman Anda untuk memudahkan mengingat. Mengetahui posisi orang tersebut di perusahaan juga penting. Jangan sampai anda berjumpa orang di luar tempat kerja  ternyata dia adalah suatu rekan kerja yang sangat penting di suatu perusahaan anda.
Pastikan…‼!.

5. Bantu & Inisiatif
Salah satu cara untuk mudah disukai di tempat kerja baru adalah menjadi rekan kerja yang senang membantu dan berinisiatif. Tentunya lagi-lagi jangan berlebihan. Pastikan pekerjaan Anda tetap bisa diselesaikan walau harus membantu tugas rekan kerja. Jika pekerjaan Anda sudah selesai, jangan hanya berdiam diri dan menunggu penugasan selanjutnya. Tanyakan kepada atasan atau rekan kerja apa yang bisa Anda lakukan atau siapa yang bisa Anda bantu.

6. Semangat Bekerja
Usahakan selalu datang sedikit lebih cepat jika memungkinkan dan pulang setelah waktunya atau sudah ada rekan kerja lain yang pulang. Pelajari dulu bagaimana kebiasaan kantor baru Anda. Ada kantor yang karyawannya tidak pulang sebelum bosnya pulang. Ada juga yang bebas pulang pergi asal pekerjaan selesai. Untuk bulan-bulan awal selama Anda masih masa penilaian, usahakan selalu tepat waktu saat datang dan berkontribusi lebih. Setelah mempelajari kebiasaan perusahaan, pelan-pelan Anda bisa menyesuaikan diri. Salah satu kesan pertama yang harus dihindari adalah malas!

7. Hindari Bergosip
Godaan terlibat bergosip memang kadang susah ditolak. Untuk masa-masa awal sebaiknya hindari terlibat dalam kegiatan pergosipan. Jangan sampai citra Anda sebagai anak baru menjadi miring karena ikut-ikutan berkomentar dan terlibat dalam tim gosip. Sebagai anak baru, sebaiknya perbanyakan teman daripada lawan. 

1 comment:
Write komentar

Followers

Facebook