1. Cara
Berpakaian
hai anak baru kerja di suatu perusahaan….. J
Cara berpakaian itu penting dalam kesan
pertama. Jangan berharap anda akan
dikenal orang dengan baik bila berpakaian tidak karuan. Berpakaian yang baik
dan sopan, menggunakan baju putih dengan celana hitam, memakai make up yang
tidak berlebihan, serta jangan memakai aksesori yang berlebihan.
Bila memakai hal hal yang tidak baik, maka anda akan menjadi bahan omongan yang miring
di tempat kerja anda.
2. Budaya Kantor
Pelajarilah budaya tempat kerja baru Anda. Ada
yang santai, formal, atau kombinasi antara keduanya. Ada yang Anda bisa dengan
santai menghampiri meja bos untuk berdiskusi, ada juga yang bahkan Anda tak
akan punya kesempatan untuk berbicara dengan bos besar Anda. Anda tak mungkin
mengingat banyak hal dalam waktu yang singkat.
Gunakan
catatan singkat anda..‼!
3.
Kepribadian yang Positif
Dalam
proses bekerja, suatu saat Anda pasti membutuhkan bantuan rekan kerja. Jangan
bangun dinding yang tinggi pada hari pertama kerja. Sapa rekan kerja yang Anda
temui dengan senyum atau hai.
Terlalu
'sok akrab' malah akan membuat Anda dijauhi di tempat kerja. Biarkan hubungan
Anda tumbuh secara alami lewat proses interaksi sehari-hari. Pada masa-masa
awal kerja, jika ada ajakan untuk hang-out selepas kerja, usahakan untuk ikut
serta. Lewat kesempatan yang lebih santai tersebut Anda bisa mengenal rekan
kerja lebih jauh dan mengakrabkan diri. Usahakan untuk seimbang dalam mendekati
berbagai jenis rekan kerja.
Jangan terlalu
Agresif…‼!.
4. Mengingat Nama & Posisi
Ini
merupakan hal yang penting untuk membangun kesan pertama. Usahakan untuk
mengingat nama teman sekerja Anda, minimal yang satu bagian atau divisi. Anda
juga bisa membuat semacam peta nama agar mudah mengingat. Gambar secara umum
posisi duduk dan tulis nama teman Anda untuk memudahkan mengingat. Mengetahui
posisi orang tersebut di perusahaan juga penting. Jangan sampai anda berjumpa
orang di luar tempat kerja ternyata dia
adalah suatu rekan kerja yang sangat penting di suatu perusahaan anda.
Pastikan…‼!.
5. Bantu & Inisiatif
Salah
satu cara untuk mudah disukai di tempat kerja baru adalah menjadi rekan kerja
yang senang membantu dan berinisiatif. Tentunya lagi-lagi jangan berlebihan.
Pastikan pekerjaan Anda tetap bisa diselesaikan walau harus membantu tugas
rekan kerja. Jika pekerjaan Anda sudah selesai, jangan hanya berdiam diri dan
menunggu penugasan selanjutnya. Tanyakan kepada atasan atau rekan kerja apa
yang bisa Anda lakukan atau siapa yang bisa Anda bantu.
6. Semangat Bekerja
6. Semangat Bekerja
Usahakan
selalu datang sedikit lebih cepat jika memungkinkan dan pulang setelah waktunya
atau sudah ada rekan kerja lain yang pulang. Pelajari dulu bagaimana kebiasaan
kantor baru Anda. Ada kantor yang karyawannya tidak pulang sebelum bosnya
pulang. Ada juga yang bebas pulang pergi asal pekerjaan selesai. Untuk
bulan-bulan awal selama Anda masih masa penilaian, usahakan selalu tepat waktu
saat datang dan berkontribusi lebih. Setelah mempelajari kebiasaan perusahaan,
pelan-pelan Anda bisa menyesuaikan diri. Salah satu kesan pertama yang harus
dihindari adalah malas!
7. Hindari Bergosip
Godaan terlibat bergosip memang kadang susah ditolak. Untuk
masa-masa awal sebaiknya hindari terlibat dalam kegiatan pergosipan. Jangan
sampai citra Anda sebagai anak baru menjadi miring karena ikut-ikutan
berkomentar dan terlibat dalam tim gosip. Sebagai anak baru, sebaiknya
perbanyakan teman daripada lawan.
thank you broooo
ReplyDelete